Genjatan Senjata Disahkan DK PBB, Israel Kehilangan Dukungan Dunia

- 26 Maret 2024, 12:09 WIB
Genjatan Senjata Disahkan DK PBB, Israel Kehilangan Dukungan Dunia
Genjatan Senjata Disahkan DK PBB, Israel Kehilangan Dukungan Dunia /

MEDIA PAKUAN - Akhirnya seruan genjatan senjata berhasil diloloskan oleh dewan keamanan Perserikatan bangsa-bangsa (DK PBB) setelah sebelumnya resolusi tersebut selalu gagal saat Amerika Serikat menggunakan hak veto nya.

Namun dalam sidang terbaru pada Senin, 25 Maret 2024 kemarin AS memilih untuk abstain sehingga resolusi genjatan senjata berhasil disetujui oleh 14 negara anggota tidak tetap tanpa satupun yang menolak.

Tepuk tangan merebak di ruangan setelah pemungutan suara, Resolusi genjatan senjata yang akan segera dilaksanakan selama bulan ramadhan disambut baik oleh para pemimpin dunia, Namun Israel menolak keras kesepakatan ini.

Teks tersebut menuntut "gencatan senjata segera di bulan Ramadan yang mengarah pada gencatan senjata yang berkelanjutan dan abadi." Perjanjian ini juga menuntut pembebasan para sandera namun tidak membuat siapa pun benar-benar bergantung pada pembebasan mereka, seperti yang diminta Washington sebelumnya.

Baca Juga: PM Israel Murka, Pasca Amerika Serikat Loloskan Genjatan Senjata di Gaza, DK PBB: Bebaskan Para Sandera!

Berikut daftar reaksi beberapa pihak dunia terhadap resolusi ini sebagaimana dirangkum Al Jazeera:

1. Palestina

Kementerian Luar Negeri Palestina mengatakan bahwa mengadopsi resolusi tersebut adalah sebuah langkah ke arah yang benar untuk mengakhiri perang lima bulan, untuk memungkinkan masuknya bantuan, dan untuk memulai kembalinya para pengungsi.

2. Fatah

Halaman:

Editor: Popi Siti Sopiah

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler