Simalakama! Negara Afrika Dipusingkan dengan Konflik Gajah - Manusia

- 16 April 2024, 07:55 WIB
Simalakama! Negara Afrika Dipusingkan dengan Komflik Gajah - Manusia
Simalakama! Negara Afrika Dipusingkan dengan Komflik Gajah - Manusia // Pixabay /

MEDIA PAKUAN - Botswana, Namibia, Angola, Zambia, dan Zimbabwe merupakan populasi lebih dari separuh populasi gajah semak Afrika.

Botswana sendiri adalah rumah bagi sekitar 130.000 gajah semak – sekitar setengah dari jumlah gajah di wilayah tersebut.

Ini adalah negara besar dengan populasi kecil dua juta orang, sebanding dengan Perancis yang berpenduduk 67 juta jiwa. Untuk setiap 15 orang di Botswana, terdapat sekitar satu gajah.

Zimbabwe memiliki populasi gajah semak terbesar kedua dengan jumlah sekitar 100.000 ekor.

Sekitar 60 tahun populasi gajah meningkat dan menjadi sebuah tantangan bagi negara-negara tersebut dengan jumlah hewan darat terbesar yang masih hidup dapat mengubah ekosistem secara dramatis.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Ini Resep Cara Membuat Kue Kuping Gajah: Super Renyah dan Anti Gagal

Mereka hanya mempunyai sedikit predator alami yang dapat mengatur jumlah mereka selain manusia dan, jika tidak ada manusia, gajah dapat berkembang biak dengan cepat, kata peneliti Lucy King dari organisasi nirlaba, Save the Elephants.

“Jika dibiarkan, mereka berkembang biak dengan cukup baik [dan] jumlah mereka dapat terus meningkat seiring berjalannya waktu karena tingkat kelangsungan hidup mereka cukup baik,” kata King.

Pada saat jumlah gajah terus stabil, pertumbuhan populasi manusia meningkat dua kali lipat di seluruh Afrika.

Halaman:

Editor: Popi Siti Sopiah

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah