Tinjau Kembali Lokasi Longsor, Menteri PUPR Tetap akan Fungsikan Tol Bocimi Seksi 2 untuk Arus Mudik Lebaran

- 9 April 2024, 21:55 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai meninjau kembali lokasi longsor di Tol Bocimi Seksi 2 arah Sukabumi, Selasa 9 April 2024.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai meninjau kembali lokasi longsor di Tol Bocimi Seksi 2 arah Sukabumi, Selasa 9 April 2024. /Istimewa




MEDIA PAKUAN - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kembali melakukan peninjauan ke lokasi longsor di badan jalan Tol Bocimi Seksi 2 tepatnya di KM 64+600 A.

Dalam peninjauan kalo ini, Basuki didampingi Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian serta sejumlah perwakilan dari PT Waskita Karya dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Basuki mengungkapkan, pengerjaan perbaikan jalan Tol Bocimi Seksi pasca longsor terus dilakukan pihaknya. Namun saat ini suplai material bahan bangunan dihentikan, mengingat saat ini sudah memasuki libur lebaran Idul Fitri.

"Ini suplai material hari ini sudah berhenti, kita sudah libur nanti baru H+3 baru mereka bisa mensuplai lagi termasuk pemasangan sheet pile. Dan Alhamdulillah 45 sheet pile yang di bawah sudah kita pasang semua penahan gerak atau longsornya," ujarnya, Selasa 9 April 2024.

Baca Juga: Longsor Semakin Parah, Tol Bocimi Seksi 2 Gagal Digunakan untuk Mudik Lebaran

"Yang di atas kita akan pasang 60 lagi, jadi baru sekitar 37. Jam 12 malam mudah-mudahan bisa selesai memasang sheet pile yang di jalan-jalan ini kemudian kita isi supaya bisa menahan badan jalan di jalur B," paparnya.

Basuki mengaku, sejauh ini pihaknya dihadapkan oleh kendala saat perbaikan Tol Bocimi Seksi 2 salah satunya adalah kondisi cuaca hujan yang cukup tinggi.

Akan tetapi, untuk longsor susulan menurutnya saat ini sudah tidak terjadi lagi karena sudah dipasang sheet pile pada tebing yang longsor.

"Enggak ada melebar, sudah berhent.i Makanya kita pasang sheet pile di bawah. Kalau melebar pasti kita gak akan berani kerja, alat berat di sana juga aman-aman, di bawah ada alat berat juga aman-aman, kita monitor itu. Ada satu sheet pile yang nongol dari 45 itu supaya kita bisa lihat monitor gerakan longsor, masih aman," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Manaf Muhammad


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah