Pasca Debat Capres dan Cawapres Usai, STPI Kecewa : 1 Juta Orang Dengan TBC Luput dari Pembahasan, Kok Bisa?

- 5 Februari 2024, 20:04 WIB
 STPI soroti debat Capres kelima tak pembahas masalah TBC/ YouTube KPU RI
STPI soroti debat Capres kelima tak pembahas masalah TBC/ YouTube KPU RI /


MEDIA PAKUAN - Pasca Komisi Pemilihan Umum (KPU) usai menggelar agenda Debat Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres), namun Stop TB Partnership Indonesia (STPI) dibuat kecewa.

Hampir semua Capres sama sekali tidak menyinggung secara spesifik membahas isu TBC. Hal tersebut diungkapkan Direktur Eksekutif STPI, dr. Henry Diatmo Direktur Eksekutif STPI

Minimnya pembahasan terkait isu tuberkulosis (TBC) pada debat capres malam tadi, kata Henry Diatmo berbanding terbalik dengan komitmen eliminasi TBC yang disampaikan oleh ke 3 tim sukses.

Baca Juga: Lewat Shopee Affiliate dan Shopee Live, Guru Honorer Ubah Hidup Lebih Baik dan Jadi Kreator Berprestasi

Pada saat itu, kata Henry Diatmo, masing-masing capres di acara dialog bersama tim sukses yang diselenggarakan STPI 31 Januari 2024 lalu. Melalui timses telah menandatangani komitmen eliminasi TBC di tahun 2030.

"Namun penjelasan terkait hal itu, tidak terlihat di debat semalam, apa karena waktunya tidak cukup, atau belum menjadi prioritas semua paslon,"katanya.

Padahal kata Henry masih banyak hal yang bisa diperkuat oleh Negara untuk bisa mencapai target eliminasi TBC pada tahun 2030.

“Selain stigma dan diskriminasi, kendala kita ada di gap angka antara pasien TBC yang memulai pengobatan, dengan semua pasien TBC yang terkonfirmasi, selain
itu kerjasama lintas sektor seperti yang diamanatkan oleh Peraturan Presiden no 67 tahun 2021 juga masih bisa dimaksimalkan,'katanya.

Baca Juga: Link Live Streaming Persik Kediri VS Bali United pada Lanjutan BRI Liga 1 di Pekan Ke 24 : Sekarang

Halaman:

Editor: Ahmad R

Sumber: Media Pakuan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah