Israel dan AS Batalkan Serangan Balasan Pekan Lalu Pada Iran, Begini Alasannya

- 18 April 2024, 15:15 WIB
IRGC, Korps Militer Iran serang Israel.
IRGC, Korps Militer Iran serang Israel. /britannica.com/

MEDIA PAKUAN - Angkatan udara Israel sedang mempersiapkan pertahanan udara negara itu, untuk menghadapi serangan dari Iran selanjutnya.

Hal ini dikatakan pejabat militer udara Israel pada Rabu(17/4) bahwa angkatan udara Israel sedang mengevaluasi pertahanan udaranya yang sukses dalam menangkis serangan misil Iran pada akhir minggu lalu.

Pihak angkatan udara kini tengah melakukan beberapa penyesuaian untuk kemungkinan pertempuran yang akan datang.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pun telah berjanji untuk menanggapi serangan tersebut, sehingga mendorong kekuatan global, termasuk terutama Amerika Serikat, untuk menyerukan pengendalian diri guna menghindari eskalasi lebih lanjut atau dampak regional dari perang yang telah berlangsung selama berbulan-bulan di Gaza.

Baca Juga: Rancurkan Israel, Iran Berjanji akan Lebih Cepat, Kuat, dan Intensif

"Kami tengah mempersiapkan diri untuk masa depan, menjelaskan misi dan melihat bagaimana kami dapat menyiapkan diri untuk serangan selanjutnya," ujar Brigadir Jenderal Doron Gavish, mantan panglima Angkatan Udara Israel yang saat ini bertugas di pasukan cadangan Israel. Ia berbicara kepada wartawan di sebuah pangkalan militer di selatan Israel.

Namun, Israel mempertimbangkan untuk melakukan serangan terhadap Iran sebagai pembalasan atas serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada akhir pekan lalu, menurut laporan media Israel dan AS, rencana tersebut dibatalkan.

Pasalnya jika terjadi Hizbullah, yang telah terlibat dalam beberapa pertempuran kecil dengan Israel selama masa perang Israel-Hamas dalam enam bulan terakhir, diduga memiliki lebih dari 100.000 roket dan misil dalam gudang senjatanya.

Jika roket dan misil Hizbullah digabungkan dengan senjata Iran, hal tersebut dapat menjadi ujian besar untuk sistem pertahanan udara Israel.

Halaman:

Editor: Popi Siti Sopiah

Sumber: Israel National News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah