Rancurkan Israel, Iran Berjanji akan Lebih Cepat, Kuat, dan Intensif

- 17 April 2024, 11:55 WIB
Rancurkan Israel, Iran Berjanji akan Lebih Cepat, Kuat, dan Intensif
Rancurkan Israel, Iran Berjanji akan Lebih Cepat, Kuat, dan Intensif /Hamdani/

MEDIA PAKUAN - Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian, pada hari Senin berjanji akan memberikan tanggapan yang “lebih kuat” dan “luas” terhadap setiap serangan militer Israel, Anadolu Agency melaporkan.

Berbicara dalam percakapan telepon dengan timpalannya dari Inggris, David Cameron, Amir-Abdollahian mengatakan Teheran tidak ingin meningkatkan ketegangan di kawasan, kata Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan.

Jika Israel kembali melakukan serangan militer, respons Iran akan “lebih cepat, kuat, dan intensif, tambahnya.

Baca Juga: Usai Dibrondong Drone Iran, Giliran Kelompok Hizbullah Hadiahi Bom Tewaskan Militer Israel

Iran meluncurkan rentetan drone dan rudal ke Israel pada hari Sabtu sebagai tanggapan atas serangan 1 April terhadap Konsulat Iran di Damaskus, Suriah, yang menewaskan sedikitnya 13 orang, termasuk tujuh penasihat militer.

Dalam percakapan teleponnya dengan Cameron, yang kedua dalam waktu kurang dari 24 jam, Amir-Abdollahian mengatakan krisis di Asia Barat “berakar pada peran destruktif” Israel.

Dia juga menyatakan “keterkejutan” atas dukungan Inggris yang terus berlanjut terhadap pembunuhan anak-anak dan orang tak berdosa yang dilakukan Israel di Gaza, di mana hampir 33.800 orang telah terbunuh, dan menyebut dukungan tersebut “tidak bertanggung jawab”.

Amir-Abdollahian mengatakan Inggris harus lebih khawatir terhadap bom yang dijatuhkan di Gaza dibandingkan tanggapan Iran terhadap Israel, yang menurutnya “dalam kerangka prinsip pertahanan sah yang diabadikan dalam Pasal 51 Piagam PBB.”

Baca Juga: Klaim Kemenangan: Rudal Hipersonik Iran Berhasil Capai Wilayah Israel

Halaman:

Editor: Popi Siti Sopiah

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah