MEDIA PAKUAN - Sebagian orang masih banyak yang bertanya-tanya mengenai hukum pelaksanaan shalat Jumat di selain mesjid.
Untuk itu mari kita simak penjelasan dari satu riwayat berikut ini.
Imam Nawawi as-Syafi’i menjelaskan :
Baca Juga: Polisi Selidiki Kasus Pencurian di Toko Ruben Onsu, Diduga Karyawannya Sendiri yang Mencuri
قال أصحابنا ولا يشترط إقامتها في مسجد ولكن تجوز في ساحة مكشوفة بشرط أن تكون داخلة في القرية أو البلدة معدودة من خطتها
" Ulama-ulama syafi’iyyah berkata: (shalat jum’at) tidak harus dilaksanakan di masjid, tetapi boleh di pelataran, asalkan masih di tengah-tengah kampung atau suaru wilayah tertentu."
Yahya bin Syaraf an-Nawawi w. 676 H, al-Majmu’, h. 47
Imam al-Khatib as-Syirbini menjelaskan perkataan Imam Nawawi :
Baca Juga: Rizky Billar Tidak Menghadiri Panggilan Polres Metro Jakarta Selatan, Dikatakan Psikisnya Terganggu
(الثاني) من الشروط (أن تقام في خطة أبنية أوطان المجمعين) بتشديد الميم: أي المصلين الجمعة، وإن لم تكن في مسجد لأنها لم تقم في عصر النبي - صلى الله عليه وسلم - والخلفاء الراشدين إلا في مواضع الإقامة كما هو معلوم
"Syarat kedua dari syaratnya sholat jum'at adalah, diadakan di lokasi yang terbatasi bangunan penduduk yang wajib sholat jum'at. Meskipun sholat jum'atnya bukan di masjid."
Al-Khatib as-Syirbini, Mughni al-Muhta, h. 1/543
Al-Mardawi – ulama hambali – (w. 885 H) mengatakan,
قوله: ( ويجوز إقامتها في الأبنية المتفرقة , إذا شملها اسم واحد ، وفيما قارب البنيان من الصحراء ) وهو المذهب مطلقا . وعليه أكثر الأصحاب . وقطع به كثير منهم .
"Boleh mengadakan jumatan di satu tempat yang terkepung beberapa bangunan, jika wiliyah jumatan itu masih satu tempat, boleh juga dilakukan di tanah lapang dekat bangunan pemukiman.” Inilah pendapat madzhab hambali, dan pendapat yang dipilih mayoritas ulama hambali."
Ibnu Qudamah menjelaskan,
ولا يشترط لصحة الجمعة إقامتها في البنيان ، و يجوز إقامتها فيما قاربه من الصحراء ، و بهذا قال أبو حنيفة
" Bukan termasuk syarat sah jumatan harus dilakukan di antara bangunan. Boleh juga dilaksanakan di tanah lapang yang dekat dengan bangunan. Ini merupakan pendapat Abu Hanifah.
(al-Mughni, 2/171)
Baca Juga: Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin Peringati Ulang Tahun ke 69, Berikut Sejarah Singkatnya
Sesuai dengan penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa shalat Jumat tetap sah meskipun tidak dilakukan dimesjid namun dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan.
Wallahu'alam.***