Cicurug Sukabumi Saksi Sejarah Peradaban Masa Lalu

- 30 Juli 2020, 11:25 WIB
Situs batu kujang /Popi Siti Sopiah/

MEDIA PAKUAN - Batu Jolang merupakan situs purbakala yang terletak di Kampung Tenjolaya Girang, Desa Cisaat, Kecamatan Cicurug. Untuk sampai menuju ke situs, kendaraan roda dua dan empat hanya bisa mencapai di kampung terdekat, yaitu Kampung Tenjolaya.

Baca Juga: MK Batalkan Pasal 7 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki. karena jalan yang dilalui merupakan jalan setapak dan menanjak .yang menarik dan menjadi tantangan untuk mencapai ke situs itu udaranya yang cukup dingin dengan ketinggian situs mencapai 800-an m dari permukaan air laut.

Situs Batu Kujang merupakan sebuah situs dengan permukaan tanahnya yang miring, makin ke utara makin tinggi. Di beberapa bagian lahan dibatasi struktur batu sehingga lahan ini membentuk punden berundak.

Baca Juga: TNI dan Masyarakat Bangun Jembatan Gantung di Kalibunder

Bentuk lahan yang demikian terbagi menjadi dua, bagian pertama yang terletak di bagian timur situs dan bagian barat dari situs. Kedua bagian itu dibatasi oleh tanggul batu.

Di situs ini terdapat puluhan menhir yang berukuran cukup besar. Tapi penemuan yang paling penting ada di teras keempat atau yang tertinggi, di mana terdapat struktur batu melingkar berdiameter 2 m yang di tengahnya terdapat menhir dengan bentuk menyerupai kujang setinggi 208 cm, yang oleh masyarakat setempat disebut Batu Kujang. Di sebelah timur batu kujang terdapat menhir berukuran tinggi 52 cm. Di teras ini pula terdapat batu alam berjajar.

Baca Juga: Tata Cara Penyembelihan dan Pembagian Hewan Kurban Versi Pemkot Sukabumi

Di sisi selatan punden ini ditemukan struktur batu menyerupai anak tangga yang diduga sebagai jalan masuk utama ke kompleks pemujaan ini.Pada teras tertinggi, di atas struktur susunan batu melingkar berdiameter 6 m, terdapat menhir setinggi 2,08 m dengan ketebalan 17 cm. Menhir ini menyerupai kujang yang berdiri tegak dengan lebar bagian atas 8 cm, bagian tengah 66 cm, dan bagian bawah 44 cm.

Halaman:

Editor: Ahmad R

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X