Libur Panjang Idul Fitri 1445 H, XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Layanan

- 8 April 2024, 15:55 WIB
Seorang teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeliharaan perangkat BTS (Base Transceiver Station) di sebuah tower di Kawasan Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (26/3).
Seorang teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeliharaan perangkat BTS (Base Transceiver Station) di sebuah tower di Kawasan Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (26/3). /FOTO ISTIMEWA

MEDIA PAKUAN-PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data yang andal menjelang Ramadan dan Lebaran 2024. Penguatan jaringan telekomunikasi perlu dilakukan sebagai antisipasi potensi lonjakan trafik penggunaan data di saat libur panjang Lebaran.

Untuk itu, XL Axiata juga telah melakukan uji jaringan yang berlangsung di jalur utama pulang kampung yang berada di berbagai daerah, termasuk di kawasan Sumatera.

Manajemen XL Axiata memprediksi, sepanjang libur Lebaran nanti, trafik layanan XL Axiata akan meningkat sekitar 10 persen hingga 20 persen dibandingkan hari biasa.

 Baca Juga: Libur Panjang Idul Fitri 1445 H, Ini Tips XL Axiata Agar Pelanggan Lancar Internetan

Direktur dan Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, momen Lebaran selalu menghadirkan tantangan bagi kami sebagai operator telekomunikasi dan data karena trafik selalu melonjak cukup signifikan.

Selain melonjak, tantangan lainnya adalah berpindahnya lokasi-lokasi dengan trafik tinggi ke berbagai area yang tersebar, terutama di kota-kota di Jawa dan lokasi-lokasi wisata.

'Untuk itu, selain perlu menambah kapasitas, kami juga harus memiliki strategi rekayasa trafik  yang tepat di jaringan agar tidak terjadi congestion di berbagai lokasi dengan trafik tinggi,” katanya.

Gede menambahkan, kenaikan trafik di setiap Lebaran terjadi karena masyarakat Indonesia semakin banyak melakukan aktivitas digital, termasuk untuk bersilaturahmi atau berlebaran di hari raya, serta mengakses berbagai sarana informasi dan hiburan.

Gede menyebut, trafik XL Axiata perlahan telah meningkat rata-rata hingga 5 persen di sepanjang Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa.

Halaman:

Editor: Hanif Nasution


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah