Bendungan Jebol Imbas Banjir Sungai Ciheulang Sukabumi, Sawah Warga di 2 Dusun Terancam Gagal Panen

- 28 Februari 2023, 13:13 WIB
Bendungan jebol akibat banjir di Sungai Ciheulang Sukabumi.
Bendungan jebol akibat banjir di Sungai Ciheulang Sukabumi. /Manaf Muhammad/

MEDIA PAKUAN - Aliran Sungai Ciheulang meluap yang menyebabkan banjir di Kampung Sunggapan RT 14 RW 04 Desa Cikembang Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah Sukabumi, berdampak pada air yang meluap dan banjir di Sungai Ciheulang pada pagi Selasa 28 Februari 2023 sekitar pukul 05.30 WIB.

Banjir tersebut juga menyebabkan Bendungan Cipantun Sukabumi jebol dan rusak berat. Akibatnya area di sekitar bendungan terdampak termasuk persawahan warga.

 

"Telah terjadinya bencana banjir di aliran Sungai Ciheulang diakibatkan cuaca ektrim sehingga menyebabkan Bendungan Cipantun rusak berat sehingga tidak bisa dimanfaatkan oleh warga di 2 kedusunan dan sawah warga terancam gagal panen," kata Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Caringin Kabupaten Sukabumi Ahmad, Senin 28 Februari 2023.

Baca Juga: Marak Peredaran Narkoba di Sukabumi, Polres Sukabumi Kota Amankan 3 Paket Ganja Kering

Ahmad mengatakan, dampak dari banjir tersebut, Bendungan Cipantun jebol dengan panjang 18 meter, tinggi 3 meter, dan lebar 2 meter.

"Kebutuhan mendesak saat ini berupa 50 buah bronjong. Kondisi saat ini untuk saat ini belum dilakukan penanganan dikarnakan debit air masih tinggi," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Manaf Muhammad


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah