1.000 SPBU Pertamina akan Gunakan Tenaga Surya dan Menambah Layanan Swapping Station

- 23 Februari 2022, 13:01 WIB
Ilustarasi 1.000 SPBU Pertamina akan gunakan listrik tenaga surya.
Ilustarasi 1.000 SPBU Pertamina akan gunakan listrik tenaga surya. /Unsplah/Sungrow EMEA

MEDIA PAKUAN - PT Pertamina (Persero) menargetkan sekitar 1.000 SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) akan gunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berupa atap yang mendukung program transisi energi di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati yang mengatakan bahwa pihaknya telah memiliki 143 SPBU yang mempunyai status GES (Green Energy Station).

Status GES tersebut akan menggunakan daya dari listrik tenaga surya yang dipasang guna menyimpan energi listrik dari sinar matahari.

Baca Juga: Sediakan 190 Rumah Korban Erupsi di Lumajang, BNPB: Sudah Bisa Ditempati

Dalam targetnya, Widyawati menjelaskan bahwa pada tahun ini pihaknya akan menambah PLTS tersebut menjadi 1.000 dan nantinya akan dibangun di semua SPBU.

GES adalah konsep baru SPBU Pertamina dengan memberi layanan terintegrasi dalam mendukung gaya hidup yang lebih ramah lagi kepada konsumen SPBU.

Salah satu dukungan tersebut adalah dengan memanfaatkan fotovoltaik surya sebagai salah satu sumber energi mandiri dan ramah lingkungan.

Baca Juga: Pasca Juventus Ditahan Imbang Villarreal, Alvaro Morata Ungkap Rasa Kasihan

Sementara pihak Pertamina juga menargetkan penurunan emisi karbon yang mencapai 34 ribu ton pertahun dari pembangunan PLTS atap tersebut.

Konsep GES ini tidak hanya mendukung program dekarbonisasi, tapi juga mempercepat energi pembangkitan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

"Jadi, bukan hanya baterainya saja yang membuat ramah lingkungan menjadi hijau, tetapi sumber energi pembangkit juga harus lebih ramah lingkungan" ucap Widyawati.

Dalam penargetan tersebut, pihak Pertamina menjalin kerja samanya dengan pihak Gojek sebgai perusahaan yang memiliki basis kendaraan motor terbesar di Indonesia.

Baca Juga: Diidolakan Banyak Perempuan, Fadly Faisal Ungkap Rahasia Agar Ayang Melekat

Pertamina saat ini, memiliki layanan swapping station percontohan dengan solusi penggantian baterai pertama kali yang akan digunakan oleh 500 driver Gojek yang menggunakan motor listrik.

Sementara layanan tersebut hanya berada di tujuh titik SPBU GES di Jakarta Selatan, yaki di SPBU MT Haryono, SPBU Kuningan, SPBU Kemang, SPBU Gandaria City, SPBU Fatmawati, SPBU Permata Hijau, dan SPBU Pondok Indah.

Nantinya Pertamina akan berkomitmen untuk menambah layanan swapping station yang tidak hanya digunakan oleh driver Gojek saja, tapi kepada masyarakat umum.***

Editor: Adi Ramadhan

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x