Pemudik Segera Pulang! Antisipasi Arus Balik Lebaran Membludak: Lebih Cepat Lebih Baik

- 12 April 2024, 20:40 WIB
Arus Balik Dimulai, Pelabuhan Panjang Layani Perdana Pemudik R2 dan R4 ke Ciwandan
Arus Balik Dimulai, Pelabuhan Panjang Layani Perdana Pemudik R2 dan R4 ke Ciwandan /isb

MEDIA PAKUAN - Antisipasi membludak arus balik pasca Lebaran 2024, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau para pemudik segera pulang.

Para pemudik dihimbau pulang secepatnya, Jumat 12 April atau Sabtu 13 April 2024 mendatang. Langkah tersebut mencegah kepadatan kendaraan saat arus balik lebaran.

“Oleh karenanya, seperti anjuran Presiden waktu itu agar kembali lebih awal. Kalau bisa besok atau Sabtu," kata Budi di KM 70 Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Arus balik pada Jumat dan Sabtu pekan ini, kata dia, masih sepi dan tidak akan menyebabkan kepadatan. Dia memprediksi puncak arus balik terjadi pada H+3 atau Minggu 14 April 2024 dan H+4 atau Senin 15 April 2024.

Baca Juga: Terperosok Lubang di Bibir Pantai, 2 Anak Perempuan Dievakuasi Petugas Pos Pam Ciracap, Tony: Jaga Anak-anak!

"Karena Minggu dan Senin itu pasti terjadi satu kenaikan yang besar," katanya.

Budi Karya Sumadi mengatakan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Jasa Marga dan pihak terkait sudah mulai mempersiapkan agar tidak terjadi kepadatan saat arus balik mudik lebaran.

"Oleh karenanya, kita memang harus mengelola hari-hari yang sudah ada. Kita ada empat hari, mulai besok sampai hari Senin, hari Selasa sudah masuk. Puncaknya diperkirakan adalah hari Minggu dan hari Senin," katanya.

Dia menyebutkan titik rawan kepadatan kendaraan pemudik biasa terjadi di daerah Salatiga sampai ke Semarang.

Halaman:

Editor: Ahmad R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah