Polemik Study Tour untuk Pelajar, Pj Wali Kota Sukabumi : Tidak Ada Larangan

- 19 Mei 2024, 20:11 WIB
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji. /Manaf Muhammad/Media Pakuan

 


MEDIA PAKUAN - Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji memberi ibauan kepada sekolah yang hendak melaksanakan kegaiatan study tour.

Kegiatan study tour saat ini tengah menjadi sorotan dan bahkan menuai pro kontra, pasca kecelakaan maut bus pariwisata yang mengangkut pelajar SMK Lingga Kencana Depok di Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat yang terjadi pada Sabtu 11 Mei 2024.

Kusmana mengaku, Pemerintah Kota Sukabumi sejauh ini tidak melarang kegiatan study tour, meskipun belum ada aturan spesifik mengenai hal tersebut.

"Saya agak sulit menyampaikan hal tersebut kan di Kota Sukabumi saya tidak menyampaikan edaran lanjutan hanya mengimbau saja yang terinti sebetulnya study tour itu secara umum diperbolehkan," katanya, Kusmana Hartadji, Minggu 19 Mei 2024.

Baca Juga: Tanggapi Pro Kontra, Kemendikbudristek Tetap Dorong Kegiatan Study Tour

Kepada sekolah yang akan melaksanakan study tour, dia mengimbau untuk mempersiapkan segala halnya secara matang. Terutama dalam hal keselamatan dan keamanan para pelajar dan guru.

"Hanya yang perlu diperhatikan adalah kesiapan semua pihak termasuk orang tua siswa, sekolah termasuk juga angkutan transportasi yang harus aman," ujarnya.

"Jadi mudah-mudahan disuruhnya kita dilarang, tapi memang lebih baik juga kalau memang ada di wilayahnya. Tapi kalau sudah keluar persiapkan sedemikian rupa karena sudah jadi edaran gubernur dan kita sebagai pejabat di bawahnya akan mengikuti hal tersebut," tambahnya.

Untuk study tour keluar daerah, dai tidak melarangnya. Hanya saja, sekolah harus memilih akomodasi kendaraan travel yang aman.

Halaman:

Editor: Manaf Muhammad

Sumber: Media Pakuan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah