Tanggapi Pro Kontra, Kemendikbudristek Tetap Dorong Kegiatan Study Tour

- 19 Mei 2024, 19:29 WIB
Direktur Pembinaan Sekolah Dasar pada Kemendikbudristek, Muhammad Hasbi.
Direktur Pembinaan Sekolah Dasar pada Kemendikbudristek, Muhammad Hasbi. /Manaf Muhammad/Media Pakuan


MEDIA PAKUAN - Study tour saat ini sedang ramai diperbincangkan publik pasca kejadian kecelakaan maut bus pariwisata yang mengangkut pelajar SMK Lingga Kencana Depok di Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat yang terjadi pada Sabtu 11 Mei 2024.

Setelah insiden yang menewaskan belasan korban tersebut, study tour kini menuai pro dan kontra. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pun akhirnya menanggapi hal tersebut.

Direktur Pembinaan Sekolah Dasar pada Kemendikbudristek, Muhammad Hasbi mengatakan, study tour tetap boleh dilaksanakan, akan tetapi harus memerhatikan keamanan dan keselamatan.

"Saya pikir kita mendorong sekolah ataupun pemerintah daerah ingin melaksanakan study tour agar senantiasa memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan perjalanan," katanya, Minggu 19 Mei 2024.

Baca Juga: Nyawa Security Ponpes di Sukabumi Melayang Usai Tertimbun Longsor

Dia menngungkapkan, study tour merupakan kegiatan yang positif bagi siswa untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik.

"Saya pikir study tour itu adalah hal yang positif sepanjang dilakukan dengan cara cara yang aman, dengan penerapan sistem keamanan dan keselamatan yang tinggi," ujarnya.

Ditanya mengenai aturan untuk pelaksanaan study tour dari Kemendikbudristek, dia mengatakan hingga saat ini belum ada. Akan tetapi, kegiatan study tour tetap dianjurkan.

"Kita tidak memiliki aturan yang spesifik untuk study tour akan tetapi seperti yang saya sampaikan tadi apabila ada misalnya upaya upaya untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik melalui skema study tour maka kita mendorong sekolah, kita mendorong satuan pendidikan untuk melaksanakannya dengan cara cara yang seaman mungkin," paparnya.

Halaman:

Editor: Manaf Muhammad


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah