Pilkada di Kota Sukabumi Dipastikan Tak Diikuti Pasangan Perseorang, Basuki: Tak Ada Penyerahan Berkas!

- 14 Mei 2024, 08:15 WIB
Kantor KPU Kota Sukabumi. pilkada di Kota Sukabumi tak ada dari perseorangan
Kantor KPU Kota Sukabumi. pilkada di Kota Sukabumi tak ada dari perseorangan /Manaf Muhammad/Media Pakuan

MEDIA PAKUAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi, memastikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di Kota Sukabumi, tidak diikuti pasangan jalur independen alias perseorangan.

Kepastian pasca hingga batas deadline pendaftaran tidak ada paangan calon yang mendaftarkan diri ke kantor KPU Kota Sukabumi di Jalan Didi Sukardi, kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi.

Berdasarkan Pengumuman KPU Kota Sukabumi Nomor: 275/PL.02.2-Pu/3272/2/2024 tentang Pencalonan Perseorangan Calon Walikota Dan Calon Wakil Walikota Pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 Tingkat Kota Sukabumi, yakni sampai Minggu 12 Mei 2024 pukul 23.59 WIB.

Baca Juga: Mantan Suami Nia Danyati. Farhat Abbas Daftar Bacalon Wali Kota Bogor 2024

“Tidak ada penyerahan berkas dukungan dari calon perseorangan yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tahun 2024,” kata Sekretaris KPU Kota Sukabumi, Basuki, Selasa 14 Mei 2024.

Seperti yang diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, dalam Pasal 13 PKPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, kata Basuki, disebutkan, pasangan calon perseorangan wajib menyerahkan dokumen dukungan.

Hal tersebut, kata Basuki, untuk memenuhi persyaratan pencalonan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 dan Pasal 10. Diamana penyerahan berkas dukungan adalah syarat mutlak bagi calon perseorangan yang ingin mencalonkan diri pada Pilkada.

Baca Juga: Jangan Disia-siakan, Loker Lulusan SMA di Jakarta, Syarat: Punya Keterampilan Kelistrikan

Meskipun KPU Kota Sukabumi telah memberikan informasi dan bantuan teknis kepada calon perseorangan, kata Basuki, dalam proses penyusunan dan penyerahan berkas dukungan.

Halaman:

Editor: Ahmad R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah