Nihil yang Penuhi Syarat Dukungan, KPU Pastikan Pilkada 2024 Kota Sukabumi Sepi Calon Independen

- 13 Mei 2024, 16:13 WIB
Kantor KPU Kota Sukabumi.
Kantor KPU Kota Sukabumi. /Manaf Muhammad/Media Pakuan

 

MEDIA PAKUAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi telah menutup penyerahan berkas dukungan untuk syarat pendaftaran calon perseorangan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 tingkat Kota Sukabumi.

Pendaftaran dan penyerahan berkas dukungan dari calon perseorangan atau independen telah dibuka KPU Kota Sukabumi dari tanggal 8 sampai 12 Mei 2024 pukul 23.59 WIB.

Seiring dengan ditutupnya penyerahan berkas untuk syarat pendaftaran, KPU mengumumkan bahwa tidak ada calon independen yang maju di Pilkada 2024.

"Sampai tanggal 12 Mei 2024 pukul 23.59 WIB, tidak ada penyerahan berkas dukungan dari calon perseorangan yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi Tahun 2024," ujar Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno, Senin 13 Mei 2024.

Baca Juga: Menakar Potensi Calon Perseorangan untuk Pilkada 2024 Kota Sukabumi, Pengamat: Akan Sepi Peminat

Imam menyatakan, penyerahan berkas dukungan adalah syarat mutlak bagi calon perseorangan yang ingin mencalonkan diri pada Pilkada. 

Hal tersebut seperti yang diterangkan di dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, dalam Pasal 13 PKPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Yakni disebutkan bahwa Pasangan Calon perseorangan wajib menyerahkan dokumen dukungan untuk memenuhi persyaratan pencalonan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 dan Pasal 10.

Dia menyampaikan, bagi siapapun yang hendak maju sebagai calon perseorangan atau melalui jalur independen sebagai calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota di Pilkada 2024 Kota Sukabumi, harus memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan dan mematuhi Undang-undang yang berlaku.

Halaman:

Editor: Manaf Muhammad

Sumber: Media Pakuan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah