Hentikan Merokok dan Minum Alkohol! Potensi Utama Kanker Otak: Memahami Faktor Risiko dan Pengaruhnya

- 13 Mei 2024, 16:30 WIB
Ilustrasi - Berhenti Merokok karena dapat memicu kanker otak
Ilustrasi - Berhenti Merokok karena dapat memicu kanker otak /Aphiwat chuangchoem


MEDIA PAKUAN - Kanker kepala merupakan kondisi kompleks yang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk gaya hidup, lingkungan, dan faktor genetik.

Memahami penyebab kanker kepala adalah langkah penting dalam upaya pencegahan dan deteksi dini kondisi ini. Mari kita jelajahi beberapa faktor risiko utama yang terkait dengan kanker kepala.

1. Merokok dan Konsumsi Alkohol:
Dua Faktor Utama yang Dapat Meningkatkan Risiko. Merokok tembakau dan konsumsi alkohol secara berlebihan telah terbukti sebagai dua faktor risiko utama yang berkontribusi pada pengembangan kanker kepala.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Fenomena Aurora di Langit Eropa hingga Amerika, Misteri Langit Bikin Memukau: Simak Yuk!

Zat-zat kimia yang terkandung dalam tembakau dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel di mulut, tenggorokan, dan daerah lain di sekitarnya.

Sementara alkohol dapat mengiritasi jaringan dan meningkatkan risiko perkembangan sel kanker.

2. Infeksi Virus: Peran Human Papillomavirus (HPV) dan Epstein-Barr Virus (EBV)
Beberapa jenis kanker kepala telah terkait dengan infeksi virus tertentu, terutama Human Papillomavirus (HPV) dan Epstein-Barr Virus (EBV).

HPV, yang juga terkait dengan kanker serviks, dapat meningkatkan risiko kanker orofaringeal (bagian tenggorokan belakang).

Sementara itu, EBV telah terkait dengan kanker nasofaring, terutama di beberapa wilayah Asia Tenggara.

Halaman:

Editor: Ahmad R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah