Ternyata Ini Penyebab Kartu KIS Tidak Bisa Mencairkan BST Bansos Kemensos Rp300 Ribu Juli 2021

- 21 Juli 2021, 10:40 WIB
Ternyata Ini Penyebab Kartu KIS Tidak Bisa Mencairkan BST Bansos Kemensos Rp300 Ribu Juli 2021
Ternyata Ini Penyebab Kartu KIS Tidak Bisa Mencairkan BST Bansos Kemensos Rp300 Ribu Juli 2021 /Antara Foto/Dewi Fajriani
 
MEDIA PAKUAN - Terdapat beberapa penyebab Kartu Indonesia Sehat (KIS) tidak bisa mencairkan BST Bansos Kementerian Sosial (Kemensos).
 
Program BST Bansos Kemensos Rp300 ribu disalurkan oleh pemerintah kepada para warga yang terdata sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
 
10 juta KPM sudah ditargetkan pemerintah untuk penyaluran BST Bansos Kemensos Rp300 ribu. Disalurkannya kembali program bantuan ini bertujuan untuk membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19.
 
Baca Juga: Datangkan 30 Juta Dosis Vaksin, Satgas Covid-19: Untuk Memastikan Ketersediaan

Ada beberapa kategori penerima Bansos Kemensos ini, diantaranya warga yang memiliki KIS. Namun masih ada warga yang memiliki KIS tetapi tidak mendapatkan Bansos BST Rp300 ribu.

Ada beberapa penyebab KIS tidak dapat BST Rp300 ribu, yaitu tidak memenuhi persyaratan. Maka ketahuilah beberapa syarat berikut ini:

1. Calon penerima adalah masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW dan berada di Desa,

2. Calon penerima adalah mereka yang kehilangan mata pencaharian di tengah Pandemi Covid-19,

3. Calon penerima tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (Bansos) lain dari pemerintah pusat. Ini berarti calon penerima bansos tunai dari dana desa tidak menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hingga Kartu Prakerja,

4. Jika calon penerima tidak mendapatkan bansos dari program lain, tetapi belum terdaftar oleh RT/RW, maka bisa langsung menginformasikannya ke aparat desa,

5. Jika calon penerima memenuhi syarat, tetapi tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), tetap bisa mendapatkan bansos tanpa harus membuat KTP terlebih dahulu. Tapi, penerima harus berdomisili di desa tersebut dan menulis alamat lengkapnya.

Penyebab selanjutnya yaitu, KIS Anda tidak terdaftar di dtks.kemensos.go.id, karena pemerintah hanya menyalurkan BST kepada warga yang terdaftar saja.***

Editor: Adi Ramadhan

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X