Suhu Panas di Madinah Tembus 40 Derajat, Kemenag Himbauan ke Jamaah Haji Bawa Peralatan Penting: Apa Saja?

- 13 Mei 2024, 17:00 WIB
Sandal Jepit jangan lupa dibawa ke saat beribadah haji. Suhu panas tembus 40 hingga 45 derajat selsius
Sandal Jepit jangan lupa dibawa ke saat beribadah haji. Suhu panas tembus 40 hingga 45 derajat selsius /



MEDIA PAKUAN - Sudah diprediksi sebelumnya, suhu di Madinah telah mencapai 40 derajat. Bahkan saat siang pelataran masjid Nabawi sangat panas.

Bahkan potensi cuaca diperkirakan akan semakin panas jelang puncak haji. Bahkan diprediksi bisa mencapai 48-50 derajat celsius.

Hal tersebut diungkapkan Kasi Lansia, Disabilitas, dan PKP3JH, dr. Leksmana Arry Chandra, di Madinah. Dia mengingatkan agar para jamaah saat melakukan ibadah tak lupa memakai alas kaki alias sandal.

"Jika jemaah berjalan tanpa alas kaki di pelataran yang panas, sangat berrisiko kakinya melepuh," katanya.

Leksmana Arry Chandra mengatakan ada kejadian jamaah lupa letak sandalnya saat di Masjid Nabawi. Dan sebaiknya jemaah membawa plastik. Sandal yang dipakai, dimasukkan ke plastik dan dibawa saat masuk ke Masjid Nabawi. "Bawa plastik untuk tempat menyimpan sandal,” katanya.

Baca Juga: Mitos dan Harapan: Apakah Kanker Otak Dapat Disembuhkan? Simak Penjelasan Ini

dr. Leks, panggilan akrabnya mengatakan Tim Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (PKP3JH), telah dikerahkan. Mereka telah berada melakukan berkeliling di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram.

"Mereka juga berkeliling ke sektor hotel jamaah. Tujiannya, melakukan upaya pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat, pemulihan, dan rehabilitasi," katanya.

Bahkan kata dia Tim PKP3JH telah menyiapkan sarana dan prasarana yang menjadi kebutuhan jemaah haji, seperti kursi roda dan sandal buat jemaah yang membutuhkan. "Intinya PKP3JH siap bantu jemaah,” katanya.

Halaman:

Editor: Ahmad R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah