Video Upaya Pembunuhan, Perdana Menteri Slovakia Pro Rusia Ditembak, Dalam Kondisi Kritis

- 16 Mei 2024, 00:37 WIB
Tersangka penembakan ditahan (kiri) terhadap Robert Fico (kanan)
Tersangka penembakan ditahan (kiri) terhadap Robert Fico (kanan) /Facebook Robert Fico

MEDIA PAKUAN - Upaya pembunuhan terhadap Perdana Menteri Slovakia, Robert Fico yang Pro-Rusia terjadi 15 Mei 2024, di kota Handlova, Slovakia Tengah.


Penembakan terjadi setelah ia keluar dari sebuah gedung, diantara kerumunan warga yang menyambutnya, seorang pria menembakan senjata dari jarak dekat sebanyak lima kali di dada dan kepala hingga ia harus segera di evakuasi.


Dalam video yang beredar memperlihatkan Fico yang terluka dan dalam kondisi kritis dimasukkan ke dalam kendaraan menuju ke rumah sakit setempat.

Menurut akun Facebook resminya, karena keselamatan jiwanya terancam, Fico harus di pindahkan dengan helikopter menuju Rumah Sakit besar yang jaraknya mencapai 30 kilometer di kota Banska Bystrica.


Menurut media Slovakia tersangka penembakan yang saat itu juga berhasil ditangkap adalah seorang anggota Partai Progresif Pro-Barat bernama Juraj Cintula berusia 71 tahun.


Cintula diketahui secara terbuka sering mengkritik dan menyerang kebijakan Fico dan pemerintahannya di media sosial.


Fico adalah politisi kontroversial yang memenangkan jabatan perdana menteri Slovakia untuk yang ketiga kalinya, dalam kampanyenya ia kerap mengkritik dukungan Barat terhadap Ukraina.

Ia sangat menentang bantuan NATO untuk Ukraina dan berusaha untuk memulihkan hubungan negaranya dengan Rusia.


Fico berjanji untuk mengakhiri dukungan militer Slovakia terhadap Ukraina dan menghalangi ambisi Ukraina untuk masuk ke NATO.

Halaman:

Editor: M Hilman Hudori

Sumber: Politico


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah