Alasan Keamanan Negara, Presiden Amerika Serikat Larang TikTok

- 1 Agustus 2020, 18:05 WIB
Ilustrasi /AFP/Oliver Doulievery/AFP

MEDIA PAKUAN-Ketegangan antara Amerika Serikat dengan Tiongkok bukan hanya persoalan politik, tapi merambah ke dunia teknologi.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump tengah menyiapkan perintah agar media sosial TikTok dilepas dari perusahaan induknya di Tiongkok, dengan alasan keamanan negara.

Orang nomor satu di Amerika Serikat tersebut memerintahkan Bytedance menjual operasional TikTok di negara lantaran diduga aplikasi tersebut dimanfaatkan Tiongkok untuk memata-matai AS.

Ditaksir bernilai miliaran dollar AS, perusahaan seperti Fox News dan Microsoft dikabarkan akan mengakuisisi TikTok. AS khawatir TikTok digunakan oleh Tiongkok untuk tujuan yang jahat.

Baca Juga: Sadis! Dokter Asal India Ini Bunuh 50 Orang Supir Taksi Untuk Dijadikan Pakan Buaya

Bahkan, TikTok tengah ditinjau oleh komite Investasi Asing AS untuk melihat kemungkinan bisnis tersebut menganggu keamanan nasional negeri Paman Sam itu.

Namun AS belum memutuskan tindakan apa yang akan mereka ambil untuk TikTok."Kami sedang memperhatikan TikTok. Kami mungkin akan melarang atau melakukan hal lainnya," kata Trump seperti dikutip oleh pikiranrakyat-kuningan.com dari Kantor Berita Antara.

Kekhawatiran tersebut dibantah oleh perusahaan asal Tiongkok itu."Kami tidak bersifat politis, kami tidak menerima iklan politik dan tidak punya agenda. Tujuan kami adalah tetap bersemangat, platform dinamis yang bisa dinikmati semua orang,” kata CEO TikTok Kevin Mayer.

Baca Juga: Permainan Ngadu Jangkrik, Punah oleh Permainan Game online

Halaman:

Editor: Toni Kamajaya

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X