Terbaru! Kemenag Rencanakan Rekrutmen 3.641 Penghulu Ahli Pertama untuk CPNS dan PPPK 2024

- 13 Mei 2024, 07:55 WIB
Terbaru! Kemenag Rencanakan Rekrutmen 3.641 Penghulu Ahli Pertama untuk CPNS dan PPPK 2024
Terbaru! Kemenag Rencanakan Rekrutmen 3.641 Penghulu Ahli Pertama untuk CPNS dan PPPK 2024 //Mediapakuan.com/

MEDIA PAKUAN - Kementerian Agama (Kemenag) berencana membuka 3.641 posisi Penghulu Ahli Pertama dalam rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin mengonfirmasi bahwa usulan kuota penghulu tersebut telah disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

“Tahun 2024 akan ada formasi baru, jumlahnya 3.641 kuota Penghulu Ahli Pertama. Formasi itu sudah disetujui," ujar Kamaruddin saat membuka Rakornas Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) 2024 di Jakarta, Selasa 7 Mei 2024.

Menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 9 Tahun 2019 tentang Jabatan Fungsional Penghulu.

Baca Juga: Hore! Dana Bos Pesantren Telah Dicairkan Kemenag RI: Benarkah Alokasi Rp220 M, Bentuk Negara Hadir?

Penghulu Ahli Pertama adalah jabatan yang melibatkan pelayanan dan bimbingan nikah atau rujuk, pengembangan kepenghuluan, serta bimbingan masyarakat Islam.

Meskipun belum ada kepastian terkait formasi Penghulu Madya dan Utama, Kamaruddin mengungkapkan optimisme bahwa usulan tersebut akan disetujui.

"Sementara untuk formasi Penghulu Madya dan Utama, sampai hari ini belum ada respons pasti dari Kementerian PAN RB, namun kita optimis usulan kita disetujui,” ungkap Kamaruddin, informasi dikutip dari laman resmi kemenag.go.id.

Kebutuhan akan jabatan penghulu fungsional secara nasional mencapai 16.263 orang, sementara jumlah penghulu yang tersedia saat ini hanya 9.054 orang.

Halaman:

Editor: Popi Siti Sopiah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah