Apa Itu Hiperlipidemia dan Bagaimana Cara Mengatasinya, Cek Selengkapnya!

- 15 Januari 2022, 11:09 WIB
Ilustarasi Apa Itu Hiperlipidemia Dan Bagaimana Cara Mengatasinya, Cek Selengkapnya!
Ilustarasi Apa Itu Hiperlipidemia Dan Bagaimana Cara Mengatasinya, Cek Selengkapnya! /Pixabay/HansMartinPaul
 
MEDIA PAKUAN - Hiperlipidemia adalah kondisi ketidakseimbangan lemak dalam darah yang ditandai dengan kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi.
 
Walaupun keduanya berguna bagi tubuh, bila kadarnya tinggi akan menyebabkan penumpukan plak pada dinding pembuluh darah.
 
Seiring waktu, plak tersebut akan membesar dan menyumbat arteri sehingga menyebabkan penyakit kardiovaskuler, serangan jantung dan stroke.
 
 
Kolesterol adalah jenis lemak yang sangat unik, kolesterol juga merupakan zat lilin yang terbuat dari sebagian lipid dan sebagian protein.
 
Kolesterol terbentuk dari lemak jenuh yang didapatkan dari makanan yang anda makan dan diproduksi oleh hati.
 
Senyawa ini dibawa melalui darah dengan bantuan molekul yang disebut lipoprotein. Kolesterol berguna untuk produksi hormon, fungsi otak, penyimpanan vitamin, dan selaput sel sehat.
 
 
Berikut pencegahan hiperlipidemia yang bisa anda lakukan.
 
Perubahan gaya hidup adalah kunci untuk merawat dan mencegah hiperlipidemia. Bahkan, jika kondisi ini diwariskan sekalipun, bila gaya hidup anda sehat dan tetap mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter, maka kondisi ini tidak akan kambuh.
 
Mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran serta produk gandum utuh dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.
 
Hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan beralih ke produk susu bebas lemak atau rendah lemak. Selain itu, pertahankan berat badan sehat dengan rutin berolahraga dan berhenti merokok.***

Editor: Adi Ramadhan

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network