Beruntung Bagi yang Berkurban, Lima Pahala Ini akan Anda Dapatkan: Amalan yang Paling Dicintai Allah

- 20 Juni 2021, 10:20 WIB
Muhammadiyah telah menetapkan tanggal Hari Raya Idul Adha.
Muhammadiyah telah menetapkan tanggal Hari Raya Idul Adha. /Pexels.com/Ahmet Polat
 
MEDIA PAKUAN - Mengeluarkan sebagian harta kita di Hari Raya Idul Adha dengan berkurban merupakan pahala yang amat sangat besar.
 
Maka tidak heran, jika banyak umat muslim yang berkurban di tanggal 10 Julhijah itu. Lantas, pahala apasajah yang akan di didapatkan oleh orang-orang yang melaksankanya.
 
Berikut MEDIA PAKUAN merangkumnya beberapa keutamaan dalam berkurban.
 
 
1. Menyelamatkan dari Bahaya Dunia Akherat
 
"Ingatlah bahwa kurban itu termasuk amal-amal penyelamat, yang menyelamatkan pemiliknya dari kejelekan dunia dan bahaya di akherat” (Zubdatul wa’idhin). 
 
2. Amalan yang Paling Dicintai Allah
 
Ibunda ‘Aisyah radhiyallahu’anha menceritakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah anak Adam melakukan suatu amalan pada hari Nahr (Iedul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah melebihi mengalirkan darah (qurban), maka hendaknya kalian merasa senang karenanya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim dengan sanad sahih, lihat Taudhihul Ahkam, IV/450).
 
3. Mendapat Jalan Kebaikan Dunia Akherat
 
"Barangsiapa yang berkelapangan (harta) namun tidak mau berqurban maka jangan sekali-kali mendekati tempat shalat kami.” (HR. Ibnu Majah 3123, Al Hakim 7672 dan dihasankan oleh Syaikh Al Albani). 
 
4. Didoakan Malaikat
 
Karena setiap pagi Allah mengutus dua malaikat, yang satu berdo’a: “Yaa Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfaq.” Dan yang kedua berdo’a: “Yaa Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang menahan hartanya (pelit).” (HR. Al Bukhari 1374 & Muslim 1010).
 
5. Derajat Naik Mulai dari Ketika Membeli Hewan Qurban
 
Sahabat Ali ra mengatakan : “Barangsiapa berangkat dari rumah hendak membeli hewan qurban, maka setiap langkahnya memperoleh 10 kebaikan dan dihilangkannnya 10 keburukan, serta dinaikan 10 derajat.” (Jawahir Zadah).***

Editor: Adi Ramadhan

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X