Bahaya Sinar UV, Picu Kanker Kulit dan Bibir: Ini Cara Melindunginya, Simak Yuk!

- 28 Mei 2024, 12:05 WIB
Ilustrasi gejala dan jenis kanker kulit
Ilustrasi gejala dan jenis kanker kulit /Pixabay/Miller_Ezster/

 


MEDIA PAKUAN - Sinar ultraviolet (UV) yang berasal dari matahari ternyata tidak hanya sangat bermanfaat, tapi memiliki risiko bagi kesehatan.

Meskipun paparan sinar UV membantu tubuh memproduksi vitamin D. Namun paparan berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius.

Ternyata berlebihan terhadap sinar UV penyebab utama kanker kulit. Termasuk melanoma, yang merupakan bentuk kanker kulit paling mematikan. Sinar UV dapat merusak DNA dalam sel kulit, memicu mutasi yang menyebabkan kanker.

Selain itu, UVA dapat mempercepat proses penuaan kulit, menyebabkan kerutan, garis halus, dan kehilangan elastisitas. Ini dikenal sebagai photoaging.

Baca Juga: Jangan Disia-siakan, BUMN PT PP Presisi Tbk Mei 2024 Buka Lowongan Kerja: Posisi Planner dan Technical Support

Sinar UV juga dapat merusak mata. Paparan UV yang berlebihan dapat menyebabkan katarak, degenerasi makula, dan photokeratitis. Kondisi yang mirip dengan "terbakar matahari" pada kornea mata.

Bahkan paparan UV berlebihan tidak hanya dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Tapi membuatnya lebih sulit bagi tubuh untuk melawan infeksi tertentu dan mungkin mempengaruhi respons imun terhadap vaksin.

Dan yang lebih mengerikan sinar UV dapat menyebabkan kanker pada bibir, terutama bagi mereka yang sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan.

Bagaimana Melindungi Diri dari Bahaya Sinar UV?

Halaman:

Editor: Ahmad R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah