Hati-hati Memanipulasi Absen, Ini Hukumnya Menurut Islam ?

- 15 Mei 2024, 14:55 WIB
Hati-hati Memanipulasi Absen,  Ini Hukumnya Menurut Islam ?
Hati-hati Memanipulasi Absen, Ini Hukumnya Menurut Islam ? /

MEDIA PAKUAN - Instansi pemerintahan, perusaan dan berbagai kantoran saat ini memberlakukan cara absen pegawai dengan mesin fingerprint.

Belakangan ini sistem absen pegawai dengan mesin fingerprint banyak disalah gunakan, oknum karyawan jika ada keperluan diluar kantor dan tidak ingin ketahuan biasanya meminta rekannya untuk mengisikan absen mereka di mesin ketika berakhir jam kerja.

Apa hukum melakukan semacam ini? Apa nasihat kalian kepada kami? Berikut penjelasan menurut Hukum Islam.

Dikutip dari Rumaysho.com, wajib bagi setiap pegawai untuk hadir di tempat kerja sesuai jadwal yang ditentukan.

Baca Juga: Manipulasi Data Siswa, Kepsek SMP di Kabandungan Sukabumi Jadi Tersangka Korupsi Dana BOS dan PIP

Walaupun ketika itu tidak ada pekerjaan apa-apa yang ia lakukan. Tidak boleh ia pulang sampai jam kerja berakhir kecuali jika ada urusan mendesak yang dibolehkan dalam aturan.

Tidak boleh pula seorang pegawai memanipulasi tanda tangan absen kehadiran dan pulang, karena ini adalah perbuatan yang tidak benar.

Maka si penanya dan sahabat-sahabatnya tadi wajib bertaubat kepada Allah dan kembali melakukan hal yang wajib ia penuhi.

Fatwa di atas ditandatangani oleh Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz selaku ketua; Syaikh ‘Abdur Rozaq ‘Afifi selaku wakil ketua; Syaikh ‘Abdullah bin Ghudayan, Syaikh Sholeh Al Fauzan, Syaikh ‘Abdul ‘Aziz Alu Syaikh, Syaikh Bakr Abu Zaid selaku anggota.***

Editor: Popi Siti Sopiah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah