Apakah Panu Dapat Disembuhkan? Fakta dan Pertimbangan

- 15 Mei 2024, 18:40 WIB
Ilustrasi penyakit kulit panu.
Ilustrasi penyakit kulit panu. /Pixabay

MEDIA PAKUAN - Panu, atau tinea versicolor, adalah jenis infeksi jamur pada kulit yang disebabkan oleh jamur Malassezia.

Meskipun panu dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan estetika, kondisi ini umumnya dianggap sebagai masalah kulit yang ringan dan tidak berbahaya.

Namun, banyak orang bertanya-tanya apakah panu dapat disembuhkan sepenuhnya. Artikel ini akan membahas fakta dan pertimbangan seputar kesembuhan panu.

Baca Juga: Jasad Ibu yang Dibunuh Anak Kandung di Kalibunder Sukabumi Diautopsi, Luka Hampir di Sekujur Tubuh

1. Fakta Tentang Panu
- Bentuk Infeksi Jamur: Panu disebabkan oleh pertumbuhan berlebih jamur Malassezia pada kulit, yang menghasilkan bercak-bercak berwarna putih, coklat, atau merah muda.

- Kondisi Kronis: Panu seringkali bersifat kronis dan dapat kambuh berulang kali, terutama jika faktor pemicu tidak dikontrol dengan baik.

- Tidak Menular: Panu bukanlah kondisi yang menular dan umumnya tidak menimbulkan risiko serius bagi kesehatan. Infeksi ini tidak dapat ditularkan melalui kontak kulit ke kulit.

2. Pengelolaan dan Pengobatan Panu
Meskipun panu mungkin tidak bisa disembuhkan sepenuhnya, kondisi ini dapat dikelola dan gejalanya dapat dikontrol dengan berbagai cara, termasuk:

- Obat Topikal: Krim atau salep antijamur yang mengandung zat aktif seperti clotrimazole, ketoconazole, atau selenium sulfide dapat digunakan untuk mengurangi pertumbuhan jamur dan menghilangkan gejala panu.

Halaman:

Editor: Ahmad R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah