Membedakan Antara Panu dan Kudis: Penyebab, Gejala, dan Perbedaan

- 15 Mei 2024, 20:55 WIB
Kudis persi tapi tidak serupa dengan panu
Kudis persi tapi tidak serupa dengan panu /

MEDIA PAKUAN - Panu dan kudis adalah dua kondisi kulit yang sering disalahartikan, meskipun keduanya disebabkan oleh faktor yang berbeda dan memiliki gejala yang berbeda pula.

Artikel ini akan membahas perbedaan antara panu dan kudis, serta cara mengidentifikasi dan mengelola keduanya.

Apa Itu Panu?
Panu, atau tinea versicolor, adalah infeksi jamur pada kulit yang disebabkan oleh jamur Malassezia. Kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya bercak-bercak berwarna putih, coklat, atau merah muda pada kulit, yang seringkali disertai dengan rasa gatal.

Panu umumnya terjadi di daerah tubuh yang lembap dan berminyak, seperti punggung, dada, leher, dan lengan atas.

Baca Juga: Jasad Ibu yang Dibunuh Anak Kandung di Kalibunder Sukabumi Diautopsi, Luka Hampir di Sekujur Tubuh

Apa Itu Kudis?
Kudis, atau scabies, adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei. Tungau ini menyebar melalui kontak kulit ke kulit dan menyebabkan gejala seperti ruam, gatal parah (terutama di malam hari), dan garis-garis kecil atau benjolan di permukaan kulit.

Perbedaan Antara Panu dan Kudis
Penyebab: Panu disebabkan oleh infeksi jamur, sedangkan kudis disebabkan oleh infeksi tungau.

Gejala: Gejala panu termasuk bercak-bercak pada kulit yang berwarna putih, coklat, atau merah muda, serta rasa gatal. Di sisi lain, gejala kudis meliputi ruam, gatal parah (terutama pada malam hari), dan adanya garis-garis kecil atau benjolan di permukaan kulit.

Penyebaran: Panu tidak menyebar melalui kulit ke kulit dan umumnya tidak dianggap menular. Kudis, di sisi lain, menyebar melalui kontak kulit ke kulit, dan infeksi bisa menyebar dengan cepat jika tidak diobati.

Halaman:

Editor: Ahmad R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah