Masih Misteri! Mengapa Aurora di Langit Indonesia Absen? Cahaya Utara Tak Bersinar di Tropis, Ini Pejelasannya

- 13 Mei 2024, 10:15 WIB
Ilustrasi Aurora yang tidak muncul di langit Indonesia
Ilustrasi Aurora yang tidak muncul di langit Indonesia /Istimewa /

MEDIA PAKUAN - Di langit-langit malam yang gelap di sekitar Kutub Utara dan Selatan, cahaya misterius Aurora, atau Cahaya Utara dan Cahaya Selatan, seringkali menjadi pemandangan yang memukau.

Tetapi, di Indonesia, fenomena alam ini sangat jarang terjadi, bahkan hampir tidak pernah terjadi. Mengapa?

Salah satu alasan utama adalah letak geografis Indonesia yang jauh dari kutub utara dan selatan Bumi, tempat Aurora paling sering terlihat.

Aurora terjadi ketika partikel bermuatan dari matahari bertabrakan dengan medan magnet Bumi di dekat kutub, yang membuatnya lebih umum terjadi di wilayah kutub.

Selain itu, faktor cuaca juga memainkan peran penting. Aurora seringkali terlihat di daerah yang memiliki langit malam yang jernih dan gelap.

Baca Juga: BTS dan BLACKPINK jadi Korban Gerakan BlockOut2024

Di Indonesia, terutama di daerah padat penduduk seperti Jawa dan Sumatera, cahaya dari kota-kota besar dapat membuat langit malam menjadi terang, menyulitkan pengamatan fenomena alam yang lemah seperti Aurora.

Namun, hal ini bukan berarti bahwa Indonesia tidak pernah mengalami fenomena cahaya malam yang menakjubkan.

Meskipun bukan Aurora, ada beberapa fenomena alam lain yang bisa diamati di langit Indonesia, seperti gerhana bulan dan gerhana matahari, serta cahaya zodiak dan gegana.

Halaman:

Editor: Ahmad R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah