Sepengal Cerita Masa Lalu Pangandaran

- 2 Agustus 2020, 19:38 WIB
Situasi obyek wisata pantai Pangandaran khususnya di pantai pasir putih pada liburan Hari Raya Idul Adha,wisatawan cukup memadati lokasi wisata sejak Jumat, 31 Juli 2020 sore: Setelah lakukan pengamatan, DPRD Pangandaran menilai bahwa tingkat kesadaran masyarakat dalam pencegahan Covid-19 di kawasan wisata melemah. /Pikiran-rakyat.com/Muslih Suprianto/

 

MEDIA PAKUAN-Pada awalnya Desa Pananjung Pangandaran ini dibuka dan ditempati oleh para nelayan dari suku sunda. Penyebab pendatang lebih memilih daerah Pangandaran untuk menjadi tempat tinggal karena gelombang laut yang kecil yang memudahkan untuk mencari ikan.

Baca Juga: Pantai Pangandaran di Padati Pengunjung

Di sinilah para nelayan menjadikan tempat tersebut untuk menyimpan perahu yang dalam bahasa sundanya disebut andar. Setelah beberapa lama kemudian banyaklah yang berdatangan ke tempat ini hingga menetapkan tinggal di Pangandaran , lalu menjadilah sebuah perkampungan yang disebut atau di beri nama Pangandaran.

Pangandaran berasal dari dua buah kata pangan dan daran yang artinya pangan adalah makanan dan daran adalah pendatang. Jadi Pangandaran artinya sumber makanan para pendatang.

Baca Juga: Tiga ABG Asal Sukabumi Jadi Korban 'Hipnotis Masker'

Awalnya, kawasan pantai Pangandaran ini dihuni penduduk asli setempat yang mayoritas penduduk suku sunda. Setelah banyak nelayan dari daerah lain, terutama dari daerah Jawa Tengah, mereka singgah dan akhirnya menetap di Pangandaran, mulailah penduduk di daerah ini berbaur menjadi heterogen.

Alasan banyaknya warga suku jawa dari daerah Jawa Tengah memutuskan bertransmigrasi ke Pangandaran, karena di daerah ini sangat melimpah sumber daya alamnya. Disampaing itu, karena gelombang ombak yang tampak landai, akibat pantainya berbentuk tanjung, membuat nelayan mudah menangkap ikan dengan hasil tangkapan melimpah.

Baca Juga: Viral Min Seo Pria yang Mirip Park Bo Gum Mendapat Hujatan Netizen

Tanjung ini terbentuk akibat terdapat sebuah daratan yang menjorok ke laut. Daratan ini sekarang disebut kawasan Cagar Alam Pangandaran.

Halaman:

Editor: Ahmad R

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X