Sunan Kalijaga Orang Pertama Memperkenalkan Ketupat

- 1 Agustus 2020, 15:16 WIB
Ketupat lebaran. //Instagram/@ahmadesaar

 

MEDIA PAKUAN- DI Indonesia, ketupat merupakan salah satu hal yang sangat identik dengan lebaran. Bukan saja perayaan hari raya Idul Fitri bahkan Hari Raya Idul Adha pun dipasti hampir disetiap rumah tersedia makanan yang satu ini.

Makanan yang terbuat dari anyaman daun kelapa atau pun daun pandan yang diisi beras ini, memang terlihat sangatlah sederhana. Tapi, menjadi yang paling dicari saat hari yang fitrah tiba.

Baca Juga: Peluang Bekerja di Luar Negeri, Ini Syaratnya

Ada yang unik dengan namanya ketupat ini Sebenarnya, bagaimana ya asal usul ketupat menjadi khas lebaran?

Yuk..! Kita simak, Konon katanya makanan ini ternyata diperkenalkan saat Islam masuk ke tanah Jawa loh.

Menurut Cerita atau Beja Ti Batur Sunan Kalijaga orang yang pertama memperkenalkan makanan ini kepada masyarakat Jawa. Beliau membudayakan dua kali Bakda, yaitu Bakda Lebaran dan Bakda Kupat.

Baca Juga: Afrika Selatan Menolak ' AS ' Jangan Jadikan Medan Perang Tanah Kami

Nah kawan tahu ga Bakda ? Bakda (Sesudah) jadi yang di sebut Bakda Kupat itu dimulai seminggu sesudah lebaran. Pada hari yang disebut Bakda Kupat tersebut, di tanah Jawa waktu itu hampir setiap rumah terlihat menganyam ketupat dari daun kelapa muda katanya.

Setelah sudah selesai dimasak, kupat tersebut diantarkan ke kerabat yang lebih tua, menjadi sebuah lambang kebersamaan. Menurut para ahli, sebuah ketupat memiliki beberapa makna, yakni:

Halaman:

Editor: Ahmad R

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X