Doa Ramadhan Wajib Diketahui! inilah Amalan-Amalan Pembuka Rezeki: Bisa Dilakukan Kehidupan Sehari-hari

- 18 Maret 2023, 17:55 WIB
Rutin Berdonasi Rejeki Mendadak Naik Drastis
Rutin Berdonasi Rejeki Mendadak Naik Drastis /
 
 
MEDIA PAKUAN - Berikut ini amalan-amalan pembuka rejeki yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama saat Ramadhan
 
Allah SWT telah menentukan kadar rejeki yang berbeda-beda kepada setiap manusia. Semua manusia dijamin akan mendapatkan rejeki.
 
Meskipun demikian, terdapat beberapa amalan yang dapat membuka pintu rejeki agar berkah dan berlimpah. Dan bisa dilakukan setelah Ramadhan
 
 
Amalan pembuka rejeki ini tentunya memiliki banyak keutamaan dan manfaat salah satunya agar diberi kemudahan oleh Allah SWT dalam mencari nafkah.
 
Seperti yang dikutip MediaPakuan.com, berikut inilah amalan pembuka rezeki yang bisa dikerjakan dalam kehidupan sehari-hari.
 
1. Memperbanyak bersedekah 
 
Dengan bersedekah kita bisa membuka pintu rejeki. Hal tersebut telah tercantum dalam Al-Qur'an surat Saba ayat 39.
 
Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:
 
 
 "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rejeki dari siapa yang dikehendakinya diantara hamba-hambanya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendakinya), dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan dialah pemberi rejeki yang sebaik-baiknya" (QS.Saba:39).
 
Dalam hadist yang diriwayatkan Imam Muslim menjelaskan, Dari Abu Hurairah radhiyallahu Anhu Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:
 
"Sedekah tidaklah mengurangi harta" (HR.Muslim).
 
 
Sedekah itu tidak hanya dengan harta. Kita juga bisa bersedekah dengan tenaga, pikiran, bahkan senyum pun bisa menjadi sedekah.
 
2. Beristighfar 
 
Salah satu amalan yang bisa membuka pintu rejeki adalah memperbanyak istighfar, memohon ampunan atas dosa-dosa yang dikerjakan.
 
 
Hal ini seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur'an surat Nuh ayat 11-12, Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:
 
"Maka aku katakan kepada mereka, mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya dia adalah maha pengampun niscaya dia akan mengirimkan hujan kepadamu.
 
dengan lebatnya dan membanyakkan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan pula di dalamnya untukmu sungai-sungai" (QS. Nuh: 10-12).
 
 
3. Menjalin silaturahmi 
 
Amalan yang bisa membuka pintu rejeki selanjutnya adalah menjalin silaturahmi dengan keluarga, teman ataupun kerabat.
 
Hal ini berdasarkan hadist yang diriwayatkan imam Bukhari dan Muslim. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:
 
"Siapa yang suka dilapangkan rejekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturahmi" (HR. Bukhari dan Muslim).
 
 
Demikian amalan-amalan pembuka rejeki yang bisa kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari.***
 
 
 

Editor: Ahmad R

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah